CARA MEMPERBAIKI DISH PARABOLA YANG RUSAK ATAU SINYAL LEMAH



Hai sobat sbcom4u,pada kesempatan kali ini sbcom4u akan memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara memperbaiki dish parabola yaang rusak atau sinyal lemah.
Tentunya sobat sudah tahu dish parabola berfungsi untuk memantulkan sinyal yang dipancarkan dari satelit agar supaya bisa ditangkap oleh LNB.

Cara kerja dish parabola adalah mengumpulkan sinyal dari satelit kemudian dipantulkan ke LNB dan disalurkan ke dalam receiver agar bisa ditayangkan di televisi.

Kendala yang sering dihadapi adalah terjadi kerusakan pada dish parabola entah itu karena faktor usia,selalu terkena hujan dan panas secara langsung dan penyebab penyebab lainnya.Sobat pasti tahu jika dish parabola karatan atau jamuran tentunya kualitas sinyal yang ditangkap otomatis akan menurun bahkan bisa lost sinyal.

Berikut ciri ciri dish parabola yang rusak atau sinyal lemah:

  • Mengalami penurunan sinyal
  • Lost signal atau sama sekali tidak bisa mendapatkan sinyal sama sekali
  • Berkarat,lumutan atau tidak simetris
  • Tidak dapat bersatunya antara satelit palapa dan telkom dalam satu dish parabola
  • Kawat kasa atau jaring di dish parabola berlobang atau sobek.
Apabila ciri ciri seperti sbcom4u sebutkan diatas ada pada dish parabola sobat maka alangkah baiknya dish tersebut segera diperbaiki sebelum menjadi semakin parah.

Agar dish parabola bisa bekerja secara maksimal lagi inilah langkah yang bisa sobat lakukan :

  • Perhatikan secara seksama bentuk fisik parabola sobat.Apakah berkarat,jamuran atau tidak simetris.Cucilah atau bersihkan dish parabola sobat sampai karat atau jamur hilang.Rapikan jaring parabola jika ada yang sobek atau lepas dari dudukannya.Jika sudah parah silahkan ganti dengan jaring yang baru.Sobat bisa mendapatkan jaring parabola pengganti di toko toko parabola.Pilih yang anti karat kalau memang tersedia.
  • Jika sobat memiliki dish parabola jenis solid akan rentan sekali terhadap karat atau jamur.cucilah agar karat atau jamur hilang.Jika perlu cat ulang dish solid yang sudah parah karatnya.Pilih cat yang berwarna terang.
  • Apabila dish parabola sudah tidak simetris tentunya akan sulit sekali mendapatkan sinyal yang dituju.Untuk memperbaikinya lepas piringan parabola kemudian ketok perlahan lahan bagian dish parabola yang tidak simetris atau benjol.Perhatikan kerangka dish parabola sobat,jika dikira tidak simetris sobat bisa  ketok perlahan lahan kerangka tersebut sampai benar benar simetris.
Demikian sedikit tips cara memperbaiki dish parabola yang rusak atau sinyal lemah.Semoga artikel ini berguna bagi sobat semua.
Jika ada pertanyaan ataupun masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI DISH PARABOLA YANG RUSAK ATAU SINYAL LEMAH"

Post a Comment