ISTILAH KAMUS DALAM DUNIA SATELIT

Halo sobat sbcom4u,pada kesempatan kali ini sbcom4u akan memberikan beberapa istilah kamus dalam dunia  satelit.

Jika sobat tidak mengetahui istilah kamus dalam dunia  satelit tentunya sobat akan sedikit kesulitan dalam mencari informasi informasi penting untuk menunjang pekerjaan sobat sebagai teknisi parabola ataupun hanya sekedar hobi saja.

Berikut istilah kamus dalam dunia  satelit :


  • ACTUATOR

Actuator adalah sebuah tabung hidrolik dengan sistem baut ulir yang berfungsi untuk menggeser arah parabola sehingga sobat tidak perlu menggeser secara manual jika ingin menyaksikan chanel televisi yang berbeda satelit dari chanel sebelumnya.
  • DISH PARABOLA

Dish parabola adalah antena yang berbentuk piringan yang mempunyai fungsi untuk mentransmisikan berbagai macam data seperti sinyal internet,sinyal radio dan sinyal televisi.Yang paling umum digunakan di Indonesia adalah yang berfungsi untuk menerima siaran televisi satelit.
  • LNB

Lnb merupakan sebuah alat berukuran kecil yang mempunyai fungsi yang sangat vital dalam parabola yaitu sebagai penerima sinyal siaran televisi satelit yang dipantulkan oleh dish parabola.Ada beberapa jenis lnb seperti lnb c band,lnb ku band,lnb s band dan lainnya.
  • BISS ( Basic Interoperable Scrambling System )

Biss adalah system pengacakan suatu chanel televisi satelit yang dikembangkan oleh Europian Broadcasting Union dan konsorsium produsen hardware.
  • DiSEqC

DiSEqC adalah protokol komunikasi khusus untuk digunakan antara perangkat satelit dan penerima seperti switch multy dish atau rotor kecil pada antena.
  • SATELIT

Satelit adalah benda yang mengorbit pada benda lain pada periode tertentu.
Yang kita bahas kali ini adalah satelit buatan manusia seperti satelit PALAPA,TELKOM,THAICOM dan masih banyak lagi yang posisinya mengorbit pada bumi.
  • SYMBOL RATE

Symbol rate bisa dikatakan kecepatan symbol
  • SKALAR RING.

Skalar ring merupakan dudukan yang berfungsi untuk menempatkan sebuah lnb pada bagian parabola agar dapat menerima pantulan sinyal yaang dipantulkan oleh dish parabola. 
  • TRANSPONDER

Transponder adalah saluran komunikasi satelit.Dalam suatu siaran televisi satelit pada umumnya satu transponder berisi tentang frekuensi,symbol rate,dan polarisasi.
Satu transponder biasanya berisi satu atau bisa lebih siaran televisi satelit.

Demikia dulu artikel tentang istilah kamus dalam dunia  satelit.
Jika ada pertaanyaan ataupun masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ISTILAH KAMUS DALAM DUNIA SATELIT"

Post a Comment