Playstore Eror

sbcom4u - Cara memperbaiki playstore eror yang mengakibatkan android tidak bisa mengaksesnya menggunakan data maupun wifi sebenarnya bisa dikatakan sangat mudah.Jika sobat mengalaminya jangan terburu buru membawanya ke tempat servis yang tentunya sobat harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya.



Sobat bisa memperbaikinya sendiri dengan cara cara yang akan sbcom4u bagikan berikut ini.

1.Cara Memperbaiki Playstore Yang Tidak Bisa Dibuka.


Playstore yang tidak bisa dibuka tentu akan terasa menjengkelkan bagi sobat karena sobat tidak akan bisa mendownload dan menginstal aplikasi atau game yang sobat inginkan.
Playstore eror dan tidak bisa dibuka di androis merk apapun bisa disebabkan dari berbagai macam hal seperti pengaturan yang salah sampai adanya aplikasi yang bermasalah.Berikut ini cara memperbaikinya :
  • Periksa pengaturan tanggal dan waktu.
Hal ini terlihat sangat sepele akan tetapi pengaturan tanggal dan waktu yang salah akan menyebabkan playstore eror dan tidak bisa dibuka.Maka sobat harus memastikan bahwa pengaturan tanggal dan waktu pada android sobat sudah benar.Untuk mendapatkan pengaturan tanggal dan waktu yang benar sobat bisa memilih opsi otomatis agar tanggal dan waktu bisa lebih akurat.

  • Pindah ke mode pesawat untuk sementara waktu.
Apabila pengaturan tanggal dan waktu sudah benar akan tetapi playstore eror dan belum bisa dibuka maka sobat bisa merubah setingan android sobat ke mode pesawat untuk sementara kira kira satu menit dan kemudian non aktifkan kembali mode pesawat.

  • Bersihkan data dan cache palystore.
Data dan cache playstore merupakan file sementara yang tersimpan dalam penyimpanan disaat sobat membuka aplikasi playstore.Semakin banyak file yang tersimpan maka akan membuat memori android menjadi semakin penuh dan bisa menjadi penyebab playstore eror tidak bisa dibuka.Hapus data dan cache playstore yang tersimpan di android sobat.

  • Restart android sobat.
Restart android sobat juga bisa menjadi solusi di saat android sobat mengalami hank eror dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan.
Dengan cara merestart android sobat maka akan membuat performa atau kinerja android menjadi normal karena aplikasi yang berjalan bersamaan sebelumnya akan dihentikan.Tidak ada salahnya sobat mencoba cara yang satu ini.
  • Hapus pembaruan yang ada.
Versi aplikasi yang tidak sesuai dapat membuat palystore eror dan tidak bisa dibuka karena akses ditolak dan memaksa untuk menutupnya.Alangkah baiknya sebelum memasang atau mengupdate aplikasi playstore hapus dulu pembaruan agar aplikasi kembali seperti semula dan kemudian akan melakukan update secara otomatis.

2.Cara Memperbaiki Playstore Eror dan tidak bisa mendownload game dan aplikasi.

Hal ini adalah kasus yang paling banyak terjadi bagi pengguna android.Playstore dapat terbuka dengan normal akan tetapi  proses download tidak bisa dilakukan.
Ada berbagai penyebab playstore eror dan tidak bisa download,diantaranya adalah sebagai berikut :

  - Ruang penyimpanan internal android sudah penuh
  - Koneksi internet yang putus putus atau tidak memadai

Dan untuk mengatasinya agar playstore bisa berjalan dengan normal berikut ini cara caranya.
  • Hapus file yang tidak terpakai atau uninstal aplikasi yang jarang digunakan agar android sobat cukup ruang untuk menyimpan file atau aplikasi yang akan diinstal.File file video dari chat WA biasanya memakan runag memori yang cukup besar.Untuk dapat menghapusnya sobat bisa membuka folder galeri dan memilih file mana yang ingin dihapus.

Bagi sobat yang sudah berpengalaman bisa menghapus media file menggunakan langkah langkah berikut ini :

  - Cek apa saja yang menggunakan ruang penyimpanan.Buka setelan >> peyimpanan >> kategori.
  - Mengosongkan ruang penyimpanan.Buka Setelan >> Penyimpanan >> Kosongkan Ruang                  Penyimpanan.
  - Menghapus aplikasi yang terinstal.Buka Setelan >> Aplikasi dan Notifikasi >> Lihat semua                aplikasi >> Uninstal
  - Nonaktifkan aplikasi bawaan android.Sobat tidak dapat menghapus beberapa aplikasi bawaan            android namun sobat bisa menonaktifkannya sehingga tidak muncul di daftar aplikasi                          perangkat.Buka Setelan >> Aplikasi dan Notifikasi >> Info Aplikasi >> Non Aktifkan.
  • Cek Koneksi Internet.
Playstore eror dan tidak bisa download juga bisa disebabkan oleh jaringan internet.Pastikan sinyal yang didapat bagus dan stabil.Jika jaringan sedang tidak bagus sebaiknya tunda dulu proses download dengan playstore.
  • Buka aplikasi playstore kemudian pilih MyApps.Disini sobat dapat melihat list aplikasi yang terinstal.Batalkan semua proses instal dan update.
  • Buka Pengaturan >> Manager Aplikasi >> Semua >> Playstore >> Clear Cache dan Clear Data.
Demikian cara mengatasi playstore eror pada android sobat.Nantikan update pada artikel berikutnya.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Playstore Eror"

Post a Comment