Cara Menghubungkan Smartphone Android Ke TV

sbcom4u - Banyak sekali sobat pengguna smartphone android bertanya tanya bagaimana cara menghubungkan  smartphone android ke TV.Dengan kata lain menampilkan tampilan layar smartphone android di TV yang tentunya akan memberikan kepuasan tersendiri dalam menonton film,main game dan kegiatan lain karena tampilan akan menjadi lebih lebar dan lebih jelas.

Sebagai contoh jika sobat ingin menonton film dengan kualitas gambar UHD tentu kurang bagus jika ditonton menggunakan layar smartphone android yang kecil jika dibandingkan dengan layar TV.Saat ini menghubungkan smartphone android ke TV adalah bukan hal yang mustahil dan dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Ada beberapa cara menghubungkan smartphone android ke TV yaitu dengan kabel atau tanpa kabel.
Smartphone android kini sudah banyak dibekali dengan fitur fitur yang canggih seperti fitur menghubungkan smartphone android ke TV yang akan membuat sobat lebih nyaman dalam menonton film atau main game.Akan tetapi cara ini hanya dapat dilakukan pada TV yang sudah dilengkapi dengan fitur HDMI.Jika sobat masih menggunakan TV yang belum memilik fitur HDMI maka hal ini tidak dapat dilakukan.

Dalam menghubungkan smartphone android ke TV sebenarnya sangat mudah dan sobat hanya membutuhkan TV yang sudah memiliki fitur HDMI atau dilengkapi dengan wifi dan tentunya smartphone android.Kabel HDMI juga dibutuhkan dalam menghubungkan smartphone android ke TV.

Cara menghubungkan smartphone android ke TV dengan kabel.


Bahan bahan yang dibutuhkan :

  • Kabel Micro HDMI to HDMI
  • Kabel MHL,USB to HDMI "cek dahulu apakah smartphone android suport fitur MHL".
Langkah langkah :
  • Offkan TV sobat
  • Hubungkan TV ke smartphone android,ujung port kabel ke smartphone android dan ujung yang lebih besar ke konektor HDMI di TV.
  • On kan TV dan pilih HDMI
  • Pada layar smartphone android centang pada pilihan "HDMI Connection"
  • Jika sukses maka tampilan layar smartphone sobat akan tampil pada layar TV.
Cara menghubungkan smartphone android ke TV tanpa kabel.
  • Chromecast

Chromecast adalah alat yang diguanakan untuk menikmati koneksi internet dan streaming.Alat ini tidak digunakan untuk screen mirroring tetapi digunakan untuk akses internet dan multimedia.
Jika sobat memiliki smart tv dirumah maka alat ini wajib sobat miliki.
Berikut cara menghubungkan Chromecast ke TV :

1.Download dan install aplikasi chromecast dari playstore
2.Aktifkan wifi
3.Pilih HDMI di TV sobat
4.Layar akan muncul dan meminta kode melalui aplikasi chromecast untuk proses sinkronisasi.


  • Airplay.

Jika sobat menggunakan iPhone sobat bisa memanfaatkan fitur Airplay yang merupakan jelmaan dari Miracast.Fitur ini dikhususkan untuk produk Apple dan berbasis macOS saja.Bagi sobat pengguna smartphone android tidak bisa menggunakan cara ini.
  • All Share.

All Share adalah fitur yang tertanam dalam smartphone android Samsung seri Galaxy yang mempunyai fungsi untuk sharing layar melalui wireless antar smartphone android dengan TV dan hanya butuh satu kali klik saja sehingga lebih simple dan praktis.

  • Wi-Di

Wi-Di adalah bentuk dukungan dari intel pada teknologi miracast untuk perangkat laptop atau komputer.Jika sobat tidak menggunakan smartphone android maka sobat bisa menggunakan laptop atau komputer dengan memanfaatkan fitur Wi-Di ini.

Demikian sedikit tips cara menghubungkan smartphone android ke TV.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghubungkan Smartphone Android Ke TV"

Post a Comment