Cara Mengatasi Komputer Dan Laptop Hang Atau Macet

sbcom4u - Banyak sekali penyebab komputer dan laptop mudah hang atau macet.Ketika sobat sedang beraktivitas menggunakan laptop atau komputer terkadang mengalami hang atau macet sehingga sangat menjengkelkan sekali apalagi jika ternyata file belum sempat di save.



Jika kejadian seperti ini menimpa sobat maka sudah waktunya sobat menyimak sedikit tips cara mengatasi komputer dan laptop hang atau macet ini.Banyak sekali kasus hang atau macet yang dialami pengguna laptop atau komputer yang disebabkan beberapa hal.

Hampir semua pengguna laptop atau komputer pernah mengalami kasus hang atau macet,terutama bagi sobat yang masih menggunakan laptop atau komputer yang mempunyai spesifikasi menengah ke bawah namun dipaksakan untuk menjalankan aplikasi yang mungkin terlalu berat.

Silahkan sobat simak cara mengatasi komputer dan laptop hang atau macet di bawah ini.

Baca Juga MASALAH YANG SERING TERJADI PADA KOMPUTER
  • Virus komputer.
Kondisi ini sering terjadi karena adanya virus yang tanpa sengaja menginfeksi ke dalam laptop atau komputer sehingga menyebabkan kinerja komputer terganggu atau tidak stabil.Parahnya lagi beberapa virus yang tersebar di dunia maya mempunyai kemampuan untuk menghapus boot sektor hard drive.Dan apabila tidak segera diatasi maka aplikasi atau program program yang terinstal di laptop atau komputer tidak bisa dijalankan.

Untuk mengatasi hal ini sobat harus melakukan scan virus menggunakan program anti virus yang mumpuni.Tujuannya adalah untuk mengetahui jenis virus apa yang menginfeksi laptop atau komputer sobat dan memperbaikinya.
  • Software atau aplikasi komputer.
Masalah komputer dan laptop hang bisa juga disebabkan oleh software yang bermasalah.Hal ini sering disebabkan karena proses instalasi tidak sempurna sehingga ketika sobat membuka aplikasi tersebut komputer atau laptop akan hang atau macet.

Untuk dapat menagatasinya adalah dengan menguninstal atau menghapus aplikasi tersebut dan melakukan instal ulang agar software yang diinginkan bisa berjalan dengan sempurna sehingga tidak menyebabkan laptop atau komputer hang.
  • Printer.
Bagi sobat yang sering beraktivitas menggunakan printer,hal ini juga bisa menjadi penyebab laptop atau komputer mengalami hang.Sebuah printer memiliki memori yang terbatas dan ketika sedang mencetak file maka akan menciptakan sebuah file yang cukup besar yang umum disebut file postcript.

File tersebut yang menyebabkan laptop atau komputer menerima beban yang berlebihan.Selain hal itu untuk mencetak file ke printer dibutuhkan kinerja CPU yang cukup besar yang mengakibatkan kinerja CPU menjadi sangat berat yang bisa berakibat laptop atau komputer hang.

Dan untuk mengatasinya silahkan sobat menghapus buffer printer dengan cara putuskan printer dari sumber arus listrik selama kurang lebih 10 sampai 15 detik kemudian hubungkan printer dengan sumber arus listrik serta kembalikan pengaturan printer ke pengaturan default.
  • Defragment Hardisk.
Dikarenakan proses penggunaan yang kurang bagus dan juga karena usia hardisk yang sudah lama bisa menjadi penyebab laptop atau komputer mengalami hang.Usia komputer yang lama bisa dipastikan sering mengalami hang atau macet.

Untuk mengatasi hal ini maka sobat bisa melakukan defragment hardisk secara berkala.Tujuannya adalah untuk mencegah komputer atau laptop mengalami crash.Caranya adalah sobat buka Start Menu kemudian pilih Aksesoris lalu pilih System Tool kemudian Disk Fragmenter.Dan ikuti perintah selanjutnya.

Demikian sedikit tips cara mengatasi komputer dan laptop hang atau macet.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan sobat tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer Dan Laptop Hang Atau Macet"

Post a Comment