Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

sbcom4u - Pada artikel kali ini sbcom4u akan memberikan sebuah tutorial cara membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan Rufus yang nantinya bisa anda gunakan untuk menginstal Windows 10 ke dalam komputer atau laptop anda.

Meskipun Bootable media bisa anda buat menggunakan perangkat penyimpanan lain seperti hardisk external maupun DVD, akan tetapi melakukan intal Windows 10 menggunakan flashdisk akan jauh lebih praktis.

Sebelum memulai membuat bootable Windows 10 dengan rufus, siapkan dulu bahan bahannya :
Rufus merupakan software yang bisa dikatakan powerfull dengan dukungan kompatibilitas yang tinggi.Bahkan software ini paling banyak digunakan oleh para teknisi untuk mengubah file ISO menjadi file installer ke dalam flashdisk.

Di bawah ini adalah langkah langkah Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus:
  • Masukkan atau tancapkan flashdisk ke port USB komputer ataupun laptop anda.Pastikan flashdisk terbaca dengan normal.Jalankan software Rufus.Di bawah ini adalah tampilan Software Rufus.
  • Pada menu Device pilih flashdisk anda.
  • Klik meni SELECT pada bagian Boot selection kemudian pilih file ISO Windows 10 yang sudah anda siapkan.
  • Pilih jenis partisi dan system target.Rufus hanya bisa anda gunakan untuk membuat bootable media dengan satu opsi booting saja.Anda harus memilih jenis partisi dan system target mana yang akan digunakan.Ada dua pilihan yaitu MBR untuk pengguna BIOS Legacy dan GPT untuk pengguna UEFI.Untuk cara mengeceknya akan sbcom4u jelaskan dalam artikel berikutnya.
  • Atur Format Option.Pada format label bisa anda isi sesuai keinginan anda.Volume Label ini nantinya akan menjadi nama flashdisk setelah semua langkah membuat bootable Windows 10 selesai.
  • Pada File System silahkan anda pilih NTFS.
  • Pada bagian Cluster Size biarkan tidak usah dirubah ( Default )
  • Langkah selanjutnya klik Show Advanced Format Option kemudian centang pada pilihan Quick Format dan Create Extended Label and Icon Files.
  • Setelah langkah langkah diatas selesai klik tombol START untuk memulai pembuatan bootable Windows 10 dengan Rufus kemudian klik OK.
  • Tunggu hingga proses selesai 100 %. Di bagian bawah aplikasi Rufus akan ditunjukkan indikator proses yang sedang berjalan.
  • Setelah 100 %, cabut flashdisk anda dari port USB komputer atau laptop dan flashdisk sudah siap digunakan untuk menginstal Windows 10.
Demikian sedikit tutorial cara membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan Rufus.Jika ada pertanyaan ataupun masukan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

SALAM SBCOM4U













Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus"

Post a Comment