Parabola Tidak Ada Sinyal

sbcom4u -  Cara memperbaiki parabola tidak ada sinyal tidak bisa dilakukan sembarangan.Namun tidak ada salahnya anda mencoba memperbaikinya sendiri sebelum memutuskan untuk memanggil teknisi parabola karena tentunya harus mengeluarkan biaya untuk membayar jasa teknisi.

Selain karena posisi parabola yang berubah ketika terkena angin ada hal hal lain yang bisa menyebabkan parabola tidak ada sinyal. LNB rusak, receiver eror, parabola terhalang pohon dan masih banyak lagi.

Sebelum memutuskan untuk memanggil teknisi parabola tidak ada salahnya jika anda mencoba beberapa tips berikut ini yang mungkin bisa membantu mengembalikan sinyal parabola yang hilang.

  • Periksa kabel yang menghubungkan LNB ke switch dan dari switch ke receiver.

Pertama periksa dulu kabel yang menghubungkan LNB ke switch maupun dari switch ke receiver. Pastikan kabel tidak putus ataupun berkarat.Kabel yang kualitasnya jelek tentunya akan cepat putus ataupun berkarat karena terkena sinar matahari dan hujan secara terus menerus. Anda bisa mengecek kabel putus atau tidak menggunkan multitester. Jika kabel putus atau berkarat dan sudah tidak layak pakai sebaiknya ganti dengan yang baru.
  • Periksa LNB dan Switch
Apabila kabel yang sebelumnya diperiksa tidak ada kerusakan maka langkah yang kedua adalah memeriksa LNB dan switch. Jika LNB dihubungkan ke receiver dan muncul intensitas sinyal antar 40 sampai 70 % maka bisa dipastikan LNB dalam kondisi normal. Tapi apabila Tidak muncul intensitas sinyal atau 0% maka LNB harus diganti dengan yang baru.
Begitu pula dengan switch, jika dihubungkan muncul intensitas sinyal 40 sampai 70 % maka switch masih normal.
  • Receiver eror

Jika kabel, LNB dan switch masih normal maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memeriksa receiver. Akan tetapi pastikan dulu pengaturan DiSEqC dan antena serta arah parabola sudah benar. Kerusakan receiver yang menyebabkan parabola tidak ada sinyal biasanya ada komponen yang rusak, entah itu transistor, resistor atau komponen yang lain.
  • Frekuensi chanell berubah

Parabola tidak ada sinyal juga bisa disebabkan karena frekuensinya berubah. Untuk memperbaikinya anda cukup melakukan Blin scan atau memasukkan frekuensi baru secara manual kemudian scan.
  • Program ulang receiver

Terkadang receiver secara otomatis melakukan upgrade otomatis via OTA ( Over The Air ). Bisa saja ketika upgrade sedang berlangsung tiba tiba listrik padam dan mengakibatkan gagal upgrade sehingga program pada receiver menjadi corupt. Untuk mengatasinya anda bisa memprogram ulang receiver. Anda bisa mencari firmware atau software receiver di sini Firmware Terbaru

Demikian sedikit tips tentang parabola tidak ada sinyal. Untuk tutorial cara program ulang receiver akan sbcom4u update di artikel berikutnya.
Jika ada pertanyaan ataupun masukan silahkan tuliskan komentar di bawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Parabola Tidak Ada Sinyal"

Post a Comment