Tips Memilih Antena UHF Terbaik untuk TV Digital

sbcom4u - Saat ini siaran Analog Switch Off  di seluruh wilayah Indonesia. Jadi siaran tv analog sudah tidak bisa kita tonton lagi seperti sebelumnya. Sudahkah anda mempersiapkan ketika pemerintah memberikan informasi bahwa akan menghentikan siaran tv analog ?

Salah satu persiapan yang harus anda lakukan adalah memilih antena UHF yang tepat untuk Tv Digital. Apa perbedaan antara antena TV UHF dan antena TV Digital ? Mengapa harus memakai antena TV Digital? Bagaimana cara memilih antena TV Digital yang bagus ? Pertanyaan pertanyaan tersebut akan sbcom4u bahas tuntas dalam artikel kali ini.

Perbedaan antara antena TV UHF dan antena TV Digital

Menurut anda apakah  antena TV UHF dengan Antena TV Digital itu sama ? Mengapa antena TV Digital juga bisa menangkap siaran UHF, sedangkan antena TV UHF kurang bagus jika dipakai untuk Tv Digital?

Perlu anda ketahui, sebenarnya antena Tv Digital adalah antena TV UHF juga, hanya saja pada antena TV Digital adalah antena UHF yang diberi alat penguat sinyal yang bernama Booster sehingga sensitifitas penerimaan signal UHF nya lebih bagus jika dibandingkan dengan antena TV UHF biasa.

Ciri ciri fisik antena TV  Digital yang menggunakan Booster adalah diperlukannya arus listrik pada antena tersebut. Jika antena anda tidak ada adaptornya, maka bisa di sebut antena TV UHF Biasa, namun jika antena UHF anda memakai adaptor maka dapat berfungsi maksimal jika dipakai sebagai antena TV Digital.

Mengapa Harus Memakai Antena TV Digital ?

Pemakaian antena TV Digital diperlukan untuk menangkap lebih banyak chanel Tv Digital. Jika perangkat Tv Digital anda masih memakai antena TV UHF biasa, bisa jadi chanel yang diterima hanya sekitar 20 chanel, namun jika memakai antena TV Digital chanel yang bisa ditangkap menjadi sekitar 32 chanel.

Antena TV Digital yang memakai booster jika dipakai pada TV UHF, anda tetap harus memutar mutar antena sampai didapatkan gambar yang paling jernih. Berbeda jika sobat menggunakan Antena TV Digital untuk Tv Digital, tanpa memutar mutar antena pun, tayangan akan tetap jernih.

Bagaimana Cara Memilih Antena TV Digital Terbaik ?

Anda bisa memilih apakah akan menggunakan antena Tv Digital Indoor atau Outdoor, walaupun biasanya antena TV Digital sekarang bisa dipakai Indoor dan Outdoor. sbcom4u sendiri lebih suka menggunakan antena Tv Digital di Outdoor, selain sensitifitas penerimaan sinyal menjadi lebih bagus karena tidak terhalang tembok, secara visual antena tv digital tersebut juga tidak terlihat dari dalam ruangan sehingga tidak mengganggu estetika ruangan anda.

Jika anda menghendaki antena Tv Digital Indoor, pilihlah antena Tv Digital yang harganya seratus ribuan dan secara fisik bentuknya bagus, agar tidak mengganggu pemandangan. Ada banyak merk tv digital yang beredar saat ini, namun sbcom4u sendiri baru mencoba memakai dua merk antena tv digital yang menurut sbcom4u sama sama bagusnya, yaitu :

1. Antena TV Digital Toyosaki AIO 220

Antena ini harganya kurang lebih 180 ribu jika anda membelinya di toko, sedangkan jika di beli di online shop harganya hanya sekitar 120 ribu saja. Terdapat bracket di bagian belakang Antena Tv Digital ini sehinggan dapat dipasang dengan mudah, baik Indoor maupun Outdoor.


2. Antena TV Digital Intra INT-118

Antena Tv Digital merk Intra INT-118 harganya sedikit dibawah antena toyosaki AIO 220, yaitu hanya sekitar 95 ribu jika di beli di online shop. Secara kualitas kedua antena tv digital tersebut sama sama dapat berfungsi dengan baik dan menangkap sekitar 32 chanel tv digital.


Antena Tv Digital Intra INT-118 juga dapat dipasang baik di Indoor ataupun di outdoor menggunakan bracket yang berada di bagian belakang antena tersebut. Berikut gambar antena TV Digital Intra INT-118 :

Sebagai penutup, sbcom4u sarankan anda menggunakan antena Tv Digital yang memakai booster untuk menonton siaran TV Digital agar dapat menikmati tayangan gambar yang benar benar jernih, dan mendapatkan ragam chanel yang maksimal. Semoga artikel cara memilih antena uhf tv digital ini bermanfaat untuk anda semua.

Salam sbcom4u

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Antena UHF Terbaik untuk TV Digital"

Post a Comment