LAPTOP CEPAT PANAS DAN CARA MENGATASINYA


Laptop cepat panas adalah masalah yang sering sobat temui ketika sobat sedang menggunakan laptop baik hanya sekedar untuk internetan atau disaat sobat main game nonton film dan kegiatan lainnya.
Adapun efek yang ditimbulkan akibat suhu laptop yang terlalu panas bisa sangat fatal mulai dari kinerja laptop yang lambat dan lama kelamaan karena suhu terlalu panas bisa menyebabkan laptop rusak dan tentunya sobat harus mengeluarkan biaya yang bisa dikatakan cukup mahal.Hal yang sangat menjengkelkan yaitu ketika sobat baru asik nonton film atau bermain game dan tiba tiba laptop sobat off dengan sendirinya tanpa ada pesan eror apapun dikarenakan suhu prosesor di laptop sobat sudah sangat panas melebihi yang sudah diatur dalam system bios.

Ada berbagai macam penyebab mengapa laptop cepat panas,diantaranya adalah :
  • Waktu pemakaian yang terlalu lama.
Memakai laptop terlalu lama adalah salah satu penyebab laptop cepat panas apalagi jika laptop digunakan untuk bermain game yang berat.Tentu jika sedang bermain game sobat pasti terkadang sampai lupa waktu sehingga tanpa sobat sadari suhu laptop sobat sudah sangat tinggi.
  • Memilih tempat yang salah dalam pemakaian laptop.
Hal ini sering tidak sobat sadari karena memang salah satu kelebihan laptop adalah bisa dibawa kemana mana.Sayangnya kita sering ceroboh menaruh laptop di atas bantal kasur sofa yang  tentunya akan membuat suhu laptop sobat akan cepat panas dikarenakan aliran sirkulasi udara yang tidak sempurna.
  • Kipas atau pendingin laptop tidak berfungsi dengan normal
Kipas atau pendingin laptop sangat penting sekali keberadaannya untuk mengatur atau menjaga suhu laptop agar tidak terjadi overheat.Kipas atau pendingin yang kotor tentu tidak akan berjalan dengan normal dan tentunya aliran panas yang keluar dari prosesor tidak bisa dibuang dengan maksimal.
  • Thermal paste prosesor sudah kering.
Thermal paste adalah sejenis cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak yang berguan untuk meningkatkan konduktivitas termal antara permukaan prosesor dan heatsink.Thermal paste yang sudah kering tentu akan mengakibatkan konduktivitas antara prosesor dan heatsink tidak sempurna yang bisa mengakibatkan prosesor overheat atau laptop cepat panas.

Adapun cara untuk mengatasi laptop yang cepat panas adalah sebagai berikut
  • Atur pengaturan windows sesuai dengan spesifikasi laptop sobat.
Misalkan seting kecerahan LCD jangan terlalu terang,atur volume suara jangan terlalu keras dan lain lain
  • Pastikan sirkulasi udara bagus.
Gunakan atau letakkan laptop pada permukaan yang rata dan keras seperti meja lantai dan jagan letakkan laptop di atas benda yang lunak seperti bantal kasur sofa dan lain lain.
Bisa juga sobat menambahkan kipas atau pendingin tambahan yang biasanya diletatakkn dibawah laptop.
  • Bersihkan kipas dan heatsink secara berkala.
Kipas yang kotor tentu akan mengakibatkan kipas tidak bisa bekerja dengan maksimal,maka dari itu bersihkan kipas secara berkala agar tetap bisa bekerja dengan normal.
  • Ganti thermal paste yang sudah mengering.
Thermal paste berada diantara prosesor dan heatsink,jadi untuk menggantinya sobat harus membongkar laptop sobat.Bersihkan sisa sisa thermal paste lama yang sudah mengering kemudian berikan thermal paste yang baru.
  • Pilih aplikasi atau game yang sesuai dengan spesifikasi laptop.
Jika sobat ingin menginstal software atau game alangkah baiknya sobat baca dulu spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan software atau game tersebut.Jangan terlalu memaksakan jika laptop sobat memang memiliki spesifikasi yang kurang untuk menjalankannya.

Demikian beberapa contoh penyebab laptop cepat panas dan cara mengatasinya.
JIka ada pertanyaan ataupun masukan silahkna tinggalkan komentar di bawah

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LAPTOP CEPAT PANAS DAN CARA MENGATASINYA"

Post a Comment