CARA MENGOPTIMALKAN RAM LAPTOP



Pasti sobat semua pernah sesekali merasakan proses atau kinerja dari sebuah laptop lemot,kurang bertenaga atau kurang maksimal padahal spesifikasi laptop yang sobat miliki sudah bagus.Hal tersebut bisa disebabkan oleh kinerja dari RAM yang kurang maksimal.

Dalam artikel kali ini sbcom4u akan sedikit berbagi cara mengoptimalkan ram laptop agar system menjadi lebih ringan dan cepat.

Berikut ini langkah langkah cara mengoptimalkan ram laptop :

  • Nonaktifkan program yang tidak terpakai dan berjalan di task manager.
Buka task manager dengan cara tekan Cltr + Alt + Del kemudian pada tab Processes pilih program yang sedang berjalan yang sekiranya tidak diperlukan dan nonaktifkan dengan cara klik kanan program tersebut kemudian pilih end task

  • Nonaktifkan beberapa program yang berjalan di Startup

Program yang berjalan di startup tentu akan membebani kinerja sebuah system komputer jika sobat tidak pandai pandai memilih program mana saja yang sobat perlukan agar berjalan otomatis saat windows melakukan startup untuk pertama kali.
Untuk menonaktifkannay sobat bisa masuk dengan cara Task Manager ( Cltr + Alt + Del ) kemudian pilih tab Startup.Disana banyak daftar program yang berjalan otomatis ketika windows dinyalakan.Pilih program yang akan dinonaktifkan kemudian klik Disable.

  • Merubah seting boot melalui msconfig
Buka run pada windows (WIN + R) kemudian ketikkan "msconfig" tanpa tanda kutip lalu tekan pilih OK.Pilih Tab Boot selanjutnya beri tanda centang pada No GUI Boot.Kemudian ganti angka timeout menjadi 3 seconds.


Selanjutnya pilih Tab Advanced options beri tanda centang dan ganti Number of processors menjadi 2 dan beri tanda centang di Maximum memory.

  • Gunakan virtual memory minimalkan efek visual.
Disini sobat bisa memanfaatkan space hardisk yang masih kosong untuk membantuk kinerja RAM.
Sobat juga dapat meminimalkan efek visual pada windows sobat dari beberapa fitur bawaan yang bisa membebani kinerja RAM.
Caranya klik kanan My Computer kemudian pilih properties klik Advanced System Setting kemudian pilih Advanced dan pada tab Performance pilih settings.


Pada bagian visual effects beri tanda pada Adjust for best performance.


Kemudian pilih tab Advanced,pada bagian virtual memory pilih change.Kemudian hilangkan tanda pada Automatically manage paging file size for all drives kemudian pilih custom.Isi dengan angka yang sobat inginkan kemudian maximum size isi dua kali dari initial size.Klik set dan OK dilanjutkan restart laptop sobat.

  • Gunakanlah software dari pihak ketiga seperti CCleaner.
Banyak sekali software pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan sisa sisa data atau cache,tetapi sbcom4u merekomendasikan menggunakn CCleaner karena performa dan kualitas dari program tersebut sangat bagus serta mudah dalam menggunakannya.

Demikian sedikit tips cara menoptimalkan ram laptop
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGOPTIMALKAN RAM LAPTOP"

Post a Comment