Memperbaiki Hardisk Bad Sector

sbcom4u - Bagi sobat pengguna laptop atau komputer tentu tidak asing dengan istilah hardisk bad sector.Bad sector dapat terjadi pada hardisk jenis magnetis ataupun jenis solid state drives.Bad sector bisa disebabkan oleh kerusakan hardware ataupun software.Jika yang mengalami kerusakan adalah bagian hardware kemungkinan untuk memperbaikinya sangat kecil dan bisa dibilang tidak bisa diperbaiki.Dan sebaliknya jika yang mengalami kerusakan adalah bagian software masih sangat mungkin bisa diperbaiki.



Terdapat dua jenis bad sector yang terjadi pada hardisk komputer yaitu :


  • Hard Bad Sector
Hard bad sector adalah kumpulan sector hardisk yang mengalami kerusakan secara hardware atau fisik.Hal ini bisa diakibatkan karena head dari hardisk menyentuh pada sector dan kemudian merusaknya.Debu yang masuk juga bisa mengakibatkan hardisk mengalami hard bad sector.Jenis kerusakan ini sangat kecil sekali kemungkinannya untuk bisa diperbaiki dan bahkan bisa dikatakan tidak bisa diperbaiki.
  • Soft Bad Sector
Soft bad sector adalah kumpulan sector hardisk yang tidak berfungsi dengan normal.Adapun penyebab soft bad sector adalah karena adanya software yang eror atau bisa juga karena system operasi yang mengalami masalah.Soft bad sector ini bisa sobat perbaiki dengan bantuan software pihak ketiga seperti Hardis* Lo* Leve* Format.

Penyebab bad sector sendiri bisa sangat banyak misalnya karena hardisk terjatuh,debu atau kotoran yang masuk,suply tegangan yang tidak stabil dan masih banyak penyebab penyebab lainnya.
Selain itu sektor pada hardisk yang berisi data yang tidak sesuai dengan error correction codenya juga bisa dianggap bad sektor oleh system operasi.Virus dan malware juga bisa menyebabkan hardis mengalami soft bad sector.

Efek yang diakibatkan oleh bad sector juga sangat beragam.Dan terkadang bisa sangat menakutkan bagi sobat pengguna komputer maupun laptop.Data data yang ada dalam hardisk yang mengalami bad sektor bisa hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.Tentu hal ini sangat menakutkan jika data data tersebut sangat penting bagi sobat.Maka dari itu untuk mencegah hal tersebut terjadi selalu lakukan backup pada data data sobat.

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector :



Pertama tama cek dulu kondisi hardisk sobat menggunakan tool bawaan windows yaitu Disk Check Tool atau CHKDSK.Disk Check akan melakukan pengecekan pada hardisk sobat dan akan menemukan bagian yang mengalami bad sektor.Jika terdapat soft bad sector maka Disk Check akan otomatis memperbaikinya sehingga hardisk bisa digunakan kembali dengan keadaan normal.


Berikut langkah langkah menjalankan Disk Check :
  • Buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada drive yang akan discan selanjutnya klik properties.
  • Pilih tab Tools kemudian klik Check Now.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog dan beri centang dua duanya.Kemudian klik Start.
  • Proses check disk dan perbaikan akan dimulai,Tunggu sampai proses selesai.
Ada satu hal yang harus sobat ketahui,dalam proses pengecekan dan perbaikan ini bisa memakan waktu yang cukup lama tergantung dari besarnya kapasitas hardisk sobat dan banyaknya data yang ada di dalamnya.

Jika sobat memilih untuk menjadwalkan proses pengecekan diatas maka windows akan memulainya secara otomatis ketika sobat menyalakan atau merestart komputer sobat.Dan jika sobat ingin membatalkan penjadwalan tersebut sobat bisa ikuti langkah langkah di bawah ini :
  • Buka Command Promp 
  • Ketik "chkntfs /x c:" tanpa tanda kutip dan ganti "C" sesuai dengan lokasi hardisk sobat yang sebelumnya telah dijadwalkan tadi.
  • Terakhir tekan enter untuk membatalkan penjadwalan proses check disk.
Demikian sedikit tips cara memperbaiki hardisk bad sector yang dapat sobat aplikasikan ke hardisk internal maupun hardisk external.Perlu diingat bahwa melakukan backup secara berkala sangat penting dilakukan agar sobat tidak kehilangan data data penting ketika hardisk mengalami masalah bad sector.

Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

SALAM SBCOM4U.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memperbaiki Hardisk Bad Sector"

Post a Comment