Servis Hp Pemula

sbcom4u - Bagi sobat sbcom4u yang ingin belajar servis hp,ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum sebelum menjadi teknisi hp,baik itu android ataupun yang lain.



Alangkah baiknya pelajari dulu dasar dasarnya sebelum ke tingkat yang berikutnya.Proses yang harus dilalui agar sobat menjadi berpengalaman dan akhirnya menjadi teknisi hp profesional bisa dikatakan mudah akan tetapi bisa juga dikatakan sulit.Semua itu tergantung dari niat dan ketekunan sobat dalam memahami masalah masalah dan cara mengatasi semua jenis kerusakan hp dari yang paling ringan sampai yang berat.

Persiapan pertama yang perlu sobat lakukan adalah mencari sebanyak mungkin ilmu tentang hp.hal ini dapat sobat lakukan dengan banyak membaca,bergabung ke forum forum teknisi hp dan bisa juga sobat kursus dulu agar sobat benar benar paham segala sesuatu yang berhubungan dengan hp.
Sobat juga harus menyediakan tool atau alat alat servis untuk menunjang sebelum melakukan perbaikan.

Point yang terpenting dalam belajar menjadi teknisi hp adalah sebagai berikut :

  • Rajinlah dan jangan malas belajar mengenai perbaikan atau servis hp
  • Sobat juga harus berani untuk mencoba.Karena teori tanpa praktek akan percuma.
  • Disiplin dan jangan mudah puas serta kembangkan terus kemampuan sobat.
Tiga point diatas harus dimiliki oleh seorang teknisi hp,karena tanpa itu usaha dan tujuan sobat tidak akan tercapai.

Selain tiga point diatas sobat juga harus memperhatikan tiga hal berikut ini :
  • Perbanyak pengetahuan lewat membaca,bertanya.
  • Siapkan tool atau peralatan yang dibutuhkn 
  • Harus berani memulai menangani sebuah kasus kerusakan hp.
Di era digital sekarang ini mencari ilmu,tutorial,tips dan trik sangat banyak sumbernya.Sobat tinggal browsing di internet hampir semua ilmu ada di sana.Selain itu sobat bisa bergabung ke forum forum teknisi hp untuk menambah pengetahuan serta untuk tanya jawab seputar teknisi hp.

Selain itu sobat harus mempersiapkan tool atau alat alat untuk keperluan servis hp.Berikut alat alat yang harus ada ketika sobat sudah memulai menekuni dunia servis hp pemula :
  • Obeng Set.
Obeng set adalah alat yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi hp.Obeng berfungsi untuk membuka casing hp yang akan diservis.Pilih obeng yang berkualitas bagus agar tidak mudah rusak ketika digunakan untuk membuka baut yang agak keras atau kencang.
  • Solder.
Solder juga disarankan menggunakan solder yang berkualitas.Di pasaran banyak sekali merk dan jenisnya.Dan yang paling bagus gunakanlah solder station karena solder type ini bisa diatur suhunya..
  • Alat Ukur.
Gunakan alat ukur yang bagus agar nanti jika sobat mendapatkan akurasi pengukuran yang baik.
  • Blower
Blower digunakan untuk memasang dan mengangkat serta mencetak ulang komponen resistor,kapasitor,dioda,transistor,IC dan part lainnya.
  • PSU Power Suply
PSU Power Suply berfungsi untuk pengganti tegangan dari batre dan juga bisa untuk menganalisa kerusakan hp.
  • Pinset.
Berfungsi untuk memindahkan atau mengangkat spare part hp yang ukurannya kecil atau bisa juga untuk menahan spare part ketika proses soldering sehingga part tersebut tidak bergeser.
  • Komputer.
Berguna untuk menyimpan software dan aplikasi pendukung servis yang digunakan ketika melakukan perbaikan kerusakan software seperti flashing upgrade ataupun downgrade.
  • Kabel Data.
Kabel data berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan hp yang akan diservis atau diperbaiki.
  • Box Repair.
Fungsi alat ini adalah untuk flashing hp,mendeteksi kerusakan hp dan masih banyak fungsi yang lain karena setiap box beda beda fungsi atau kemampuannya.

Apabila semua hal hal diatas sudah dipersiapkan maka langkah selanjutnya adalah mencoba melakukan perbaikan hp dengan hati hati teliti dan benar.Kuncinya adalah kesabaran.

Demikian dasar dasar yang penting untuk servis hp pemula.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Servis Hp Pemula"

Post a Comment