PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KOMPUTER SERING RESTART



Sangat mengganggu rasanya apabila sobat sedang beraktivitas menggunakan komputer tiba tiba komputer restart dengan sendirinya tanpa ada peringatan apapun.Apa saja sih penyebab komputer sering restart tanpa adanya peringatan apapun?Pada kesempatan kali ini sbcom4u akan memberikan sedikit artikel tentang penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart.

Seperti yang sudah sobat ketahui bahwa komputer terbagi menjadi dua yaitu software dan hardware.Dan pastinya penyebab komputer restart sendiri tanpa ada peringatan apapun adalah software yang corupt ataupun hardware yang sudah rusak.

Dan dibawah ini adalah penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart :

  • NONAKTIFKAN FITUR OTOMATIS RESTART BAWAAN WINDOWS.
Di dalam sebuah system komputer terutama komputer yang menggunakan system operasi WINDOWS terdapat fitur yang dimana pada saat komputer mengalami sebuah masalah maka system akan melakukan restart secara otomatis.
Untuk menonaktifkannya sobat bisa ikuti langkah langkah berikut ini :
  1. Tekan Windows + R dan kemudian ketikkan perintah "sysdm.cpl" tanpa tanda kutip.
  2. Muncul jendela System Properties kemudian pilih Advanced.
  3. Pada bagian Startup and Recovery klik seting.
  4. Hilangkan tanda centang pada Automatically restart dan kemudian pilih OK.
Langkah diatas adalah langkah yang bertujuan untuk mencegah komputer melakukan restart dengan sendirinya ketika sedang mengalami gangguan system.
  • HARDWARE RUSAK DAN BERMASALAH
Komputer sering restart dengan sendirinya juga bisa disebabkan oleh satu atau beberapa hardware yang rusak atau mengalami masalah.Komponen komponen atau hardware yang sering menjadi masalah antara lain adalah :

1.RAM

Keberadaan RAM dalam sebuah system komputer sangat penting karena tanpa adanya RAM sebuah komputer tidak akan bisa bekerja.Untuk merawatnya adalah dengan cara cabur RAM slot kemudian bersihkan bagian pin yang berwarna kuning dengan menggunakan penghapus pensil kemudian coba pasang kembali ke slot seperti semula.

2.PROCCESOR

Komputer sering mengalami restart sendiri juga bisa disebabkan karena proccesor.Jika suhu suatu proccessor sangat tinggi yang disebabkan karena system pendingin tidak bekerja secara maksimal maka akan menyebabkan komputer akan restart dengan sendirinya tanpa ada peringatan apapun.
Bersihkan debu debu yang menempel pada system pendingin proccesor,ganti thermal paste yang sudah mulai mengering.
Cek kinerja kipas pendingin apakah masih bisa bekerja secara maksimal atau tidak,segera ganti kipas pendingin apabila sudah tidak bekerja dengan maksimal.

3.VIRUS MENGINFEKSI KOMPUTER.

Sekarang ini banyak sekali virus virus bertebaran dan menyerang sebuah system komputer.Sebuah virus terkadang juga bisa menjadi penyebab sebuah system komputer mengalami restart dengan sendirinya.Maka dari itu sobat harus menginstal anti virus yang up to date.Update database antivirus secara rutin karena virus yang ada semakin berkembang dari hari ke hari.

4.LISTRIK TIDAK STABIL.

Tidak jarang tegangan listrik juga bisa menjadi penyebab komputer restart sendiri.Untuk mengatasinya sobat bisa menambahkan stabilizer pada perangkat komputer sobat.Selain stabilizer sobat juga menambahkan UPS pada komputer sobat yang bisa menjaga kestabilan tegangan listrik dan juga bisa menjadi sumber arus cadangan apabila listrik dari PLN tiba tiba putus sehingga komputer tidak akan langsung OFF apabila sumber listrik dari PLN putus.

Demikian artikel tentang penyebab dan cara mengatasi komputer sering restart.
Jika ada pertanyaan ataupun masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYEBAB DAN CARA MENGATASI KOMPUTER SERING RESTART"

Post a Comment