Cara Memilih Powerbank Berkualitas dan Tahan Lama

sbcom4u - Di era serba digital sekarang ini siapa sih yang gak kenal dengan alat yang bernama powerbank.Powerbank merupakan alat yang sangat penting ketika sobat sedang berada di luar rumah atau dalam perjalanan.Karena ketika smartphone sobat daya baterainya sudah hampir habis maka alat inilah yang bisa memberikan solusi yang mudah dan cepat.

Banyak sekali merk powerbank yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi.Akan tetapi sobat jangan sembarangan membeli sebuah powerbank.Karena jika sembarangan sobat bisa menyesal di kemudian hari,entah itu powerbank yang kapasitasnya tidak sesuai dengan tulisan di casing ataupun daya tahan powerbank yang jelek atau gampang rusak.

Baca juga Cara Merawat Powerbank Agar Lebih Awet

Di bawah ini sbcom4u akan memberikan sedikit tips tentang cara memilih powerbank berkualitas dan tahan lama.

  • Pilih atau beli Powerbank dari merk yang terpercaya.

Powerbank bisa dengan mudah sobat jumpai dipasaran.Namun pastikan sobat membeli powerbank dari merk yang terpercaya.Jangan mudah tergoda dengan harga murah dengan kapasitas yang besar.Merk merk yang terpercaya tentu memiliki proses yang ketat sebelum memasarkan sebuah produk.Tetapi sobat tetap harus selalu waspada dan hati hati karena di pasaran banyak oknum oknum tidak bertanggung jawab yang sering melakukan pemalsuan merk powerbank.Jika sobat temui powerbank dengan merk terkenal namun dijual dengan harga yang murah kemungkinan besar powerbank tersebut palsu.
  • Pilih powerbank yang menggunakan baterai Li-Polymer.

Pada umunya baterai yang tertanam dalam sebuah powerbank adalah jenis baterai Lithium Ion (Li-Ion) karena harganya lebih murah namun kurang stabil dan cepat panas kemudian mudah rusak.Sedangkan baterai jenis Li-Polymer (Li-Po) lebih stabil dan tidak mudah bocor sehingga powerbank yang menggunakan baterai Li-Polymer (Li-Po) memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan powerbank yang menggunakan baterai Lithium-Ion (Li-Ion).
  • Pilih kapasitas sesuai dengan kebutuhan sobat.

Pastikan sobat memilih kapasitas powerbank yang sesuai dengan kebutuhan sobat.Idealnya sebuah powerbank memiliki kapasitas dua kali lipat lebih besar dari kapasitas baterai handphone yang sobat miliki karena powerbank hanya mentransfer daya sebesar 70 sampai 80% dari total daya powerbank itu sendiri.
  • Samakan arus daya powerbank dengan handphone.

Mengisi daya baterai dengan arus yang tidak sesuai atau tidak tepat akan mempercepat kerusakan baterai.Saat ini banyak handphone yang dibekali dengan fitur fast charging.Pada umumnya fitur fast charging memerlukan arus sebesar 2 ampere.Alangkah baiknya sobat memilih powerbank yang memiliki output sebesar 2 Ampere.
  • Pastikan powerbank memiliki sertifikat CE dan FCC.

Sertivikasi CE "European Standart" dan FCC "US Federal Communications Commission" sangat penting untuk menjamin kualitas dari sebuah powerbank.Pastikan sobat memilih powerbank yang memiliki sertifikat tersebut.
  • Pilih powerbank yang memiliki proteksi keamanan.

Dalam hal ini fitur yang paling penting adalah Short Circuit Protection dan Over Charging Protection.
Short Circuit Protection adalah fitur untuk melindungi powerbank dan handphone dari kerusakan yang disebabkan karena adanya arus pendek.Sedangkan Over Charging Protection adalah fitur yang mampu mendeteksi ketika baterai handphone terisi penuh dan secara otomatis menghentikan proses pengisian daya.
  • Pastikan powerbank yang sobat beli memiliki garansi resmi.

Powerbank keluaran merk merk yang terpercaya tentu memiliki garansi resmi.Jika sobat menemukan powerbank namun memiliki garansi yang hanya beberapa hari bahkan tidak ada garansinya sama sekali maka sebaiknya sobat mencari powerbank yang lain.
  • Pilih powerbank yang memiliki layar indikator 

Layar indikator merupakan fitur  sangat penting yang berfungsi memberikan peringatan ketika powerbank kehabisa daya,tingkat pengisian daya dan peringatan peringatan lain sehingga sobat lebih mudah untuk mengontrol dan merawatnya.

Demikian artikel cara memilih powerbank berkualitas dan tahan lama.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memilih Powerbank Berkualitas dan Tahan Lama"

Post a Comment