Satelit Palapa N-2 Pengganti Satelit Palapa D

sbcom4u - Satelit komunikasi generasi terbaru yang disebut HTS ( High Throughput Satellite ) milik Indonesia rencananya  akan diluncurkan dari China pada bulan Mei 2020 nanti dan diberi nama Satelit Palapa N-2 ( Nusantara Dua ).



PT Indosat tbk melalui Indosat Ooredoo selaku penyedia jasa satelit bekerja sama dengan PT Pintar Nusantara Sejahtera dan PT Pasifik Satelit Nusantara melalui perusahaan joint venture yang bernama PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera.

Satelit Palapa N-2 ( Nusantara Dua ) akan menempati posisi orbit 113 bujur timur dan menggantikan posisi Satelit Telkom D yang akan berakhir masa aktifnya pada 2020 tahun depan.

Peluncuran satelit Palapa N-2 ( Nusantara Dua ) direncanakan menggunakan metode seamless migration process sehingga mempunyai dampak yang tidak begitu berarti bahkan tidak dirasakan oleh pelanggan.

Baca juga FREKUENSI TERBARU SATELIT PALAPA D DAN TELKOM 3S

Sebelumnya sobat tahu bahwa satelit Palapa D mempunyai masa aktif hingga 15 tahun yang seharusnya berakhir pada tahun 2025,akan tetapi pada waktu peluncuran satelit Palapa D mengalami kegagalan pada roket dalam proses penempatan di orbitnya sehingga dibutuhkan tindakan lanjutan agar satelit Palapa D dapat diposisikan pada orbit yang benar yaitu di 113 bujur timur yang mempunyai dampak berkurangnya bahan bakar yang dibutuhkan untuk mempertahankan satelit di orbitnya sehingga masa aktif satelit Palapa D menjadi berkurang yang seharusnya 15 tahun menjadi 10 tahun saja.

Sampai saat ini orbit 113 bujur timur adalah orbit utama bagi teknologi penyiaran utama di Indonesia yang menggunakan layanan FTA ( Free To Air ).

Selain itu juga untuk menunjang layanan lainnya seperti layanan televisi,Link Indosat Ooredoo Tv,layanan jaringan privat ,akses internet,multimedia dan layanan konferensi video mampu menyediakan layanan broadband.

Dengan demikian sangat diharapkan Satelit Palapa N-2 ( Nusantara Dua ) dapat menjalankan peranan penting dalam penyampaian informasi ke masyarakat Indonesia melalui lembaga penyiaran dan lebih berguna lagi untuk menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia yang selama ini sudah berjalan cukup baik.

Bagi sobat tracker mania tentu nantinya harus mengatur ulang lagi receiver yang digunakan agar bisa mendapatkan kembali siaran siaran televisi yang saat ini berada di satelit Palapa D.

Demikian sedikit info tentang Satelit Palapa N-2 Pengganti satelit Palapa D.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Satelit Palapa N-2 Pengganti Satelit Palapa D"

Post a Comment