Tips Keamanan Bagi Pengguna Android

sbcom4u - Kabar atau berita tentang keamanan android telah banyak sobat dengar atau baca akhir akhir ini.Saat ini android sudah menjelma menjadi gadget yang wajib dimiliki oleh semua orang,bahkan anak anak pun sekarang sudah mempunyai gadget android meskipun hanya sekedar untuk bermain game ataupun menonton video via youtube.



Jika sobat menggunakan gadget android ada kalanya sobat khawatir terhadap berbagai macam ancaman yang banyak beredar saat ini.Sobat tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini sbcom4u akan memberikan sedikit tips keamanan bagi pengguna android.

Dibawah ini adalah langkah langkah yang bisa dibilang cukup sederhana dan tentunya bisa sobat lakukan sobat seorang pemula atau tidak terlalu paham tentang system android.

  • Google Play Store.
Pihak Google sangat menyarankan atau bahkan mewajibkan bagi pengguna android untuk mengunduh aplikasi atau game dari google play store dan bukan dari penyedia aplikasi lainnya.Jika terpaksa sobat ingin mendownload dari pihak ketiga maka sobat harus pastikan dulu aplikasi tersebut aman dengan cara membaca dulu riviewnya.
  • Install Antivirus.
Sangat dianjurkan sobat menginstal antivirus di android sobat.Ada banyak antivirus yang tersedia baik itu free maupun berbayar.Salah satunya adalah Avast.
Avast menyediakan versi free dan berbayar.Dengan versi free saja sobat sudah diberikan fitur keamanan yang cukup kuat.
  • Password.
Menggunakan kunci layar dengan mode password,pola atau sidik jari juga sangat dianjurkan.Meskipun hal ini akan sedikit menghambat proses pada saat membuka menu ketika android dalam keadaan stanby akan tetapi demi keamanan alangkah baiknya sobat menerapkan tips ini untuk menjaga keamanan android sobat.
  • Mengatur Device Manager.
Hal ini dapat sobat lakukan untuk mengunci android dari jarak jauh dan melacak lokasi android,menghapus data jika sobat kehilangan perangkat android.

Baca juga CARA MELACAK HP XIAOMI YANG HILANG
  • Enskripsi Data Perangkat.
Sobat dapat melakukan enkripsi data data pada perangkat android.Untuk melakukannya sobat bisa masuk pada menu pengaturan kemudian sub menu security.Hal ini mewajibkan sobat menggunakan password atau sidik jari untuk membuka perangkat android sobat.
  • Hindari Komunikasi Dengan Orang Yang Tidak Dikenal.
Hal ini dimaksudkan agar sobat tidak melakukan klik link yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal yang biasanya dikirimkan melalui sms ataupun email.Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan apabila sobat menerima sms atau email yang berisi link mencurigakan langkah terbaik adalah segera hapus sms atau email tersebut.Pada umunya link link tersebut berisi malware yang dapat mengganggu kinerja android sobat dan bisa mencuri data data data yang ada di android sobat.

Demikian sedikit tips keamanan bagi pengguna android.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Keamanan Bagi Pengguna Android"

Post a Comment