Cara Memperbaiki Kamera Gagal Di Android

sbcom4u - Mungkin sobat pernah mengalami hal yang tentunya sangat menjengkelkan ketika sobat akan mengambil gambar atau foto menggunakan kamera android tetapi ketika dibuka ada keterangan kamera gagal.Banyak sekali kasus kamera gagal yang terjadi pada perangkat android.

Sobat tidak perlu khawatir karena masalah kamera gagal umumnya hanya disebabkan oleh software dan bukan hardware yang tentunya sobat harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki jika kerusakan terjadi pada hardware.Berikut ini sbcom4u akan sedikit mengulas cara memperbaiki kamera gagal di android.


Cara memperbaiki kamera gagal di android yang akan sbcom4u berikan ini tidaklah sulit untuk sobat lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk pergi ke tempat servis.Hanya saja perhatikan langkah langkahnya secara teliti agar nanti tidak menimbulkan masalah yang baru.Perhatikan juga baterai android sobat, usahakan di atas 60%.

Berikut ini adalah cara memperbaiki kamera gagal di android.

  • Hapus Data Aplikasi Kamera.

Cara yang pertama adalah dengan menghapus data pada aplikasi kamera.Tujuannya adalah agar semua pengaturan kamera kembali ke standart.Buka pengaturan >> Manajer Aplikasi >> Pilih Kamera >> Hapus Cache dan Hapus Data.
  • Restart Android

Cara kedua yang bisa sobat lakukan adalah dengan merestart android sobat yang mengalami kamera gagal.Kemungkina android sobat tidak bekerja dengan sempurna sehingga system android mengalami eror.Setelah restart coba kembali membuka aplikasi kamera.
  • Cabur Baterai

Selanjutnya sobat juga bisa mencoba memperbaiki kamera gagal di android dengan cara mencabut baterai.Cara ini dilakukan dengan tujuan agar daya yang mengalir pada android sobat dapat hilang sementara.Kemudian pasang kembali baterai, hidupkan android kemudian cek apakah kamera masih bermasalah.
  • Instal Aplikasi Pihak Ketiga.

Jika cara cara yang sudah sbcom4u berikan diatas tidak bisa memperbaiki kamera gagal di android sobat juga bisa mencoba dengan cara menginstal aplikasi pihka ketiga yang banyak disediakan di palystore.
  • Upgrade atau Flash Firmware.

Cara memperbaiki kamera gagal di android berikutnya adalah dengan cara upgrade atau flash firmware android sobat.Periksa apakah tersedia update firmware dengan cara masuk ke pengaturan >> Tentang Ponsel >> Pembaruan System.Sebelum melakukan upgrade pastikan baterai android sobat lebih dari 60% agar nantinya tidak kehabisan daya ketika proses upgrade yang bisa mengakibatkan android sobat bootloop.
  • Menghapus Cache

Untuk menghapus cache sobat harus masuk ke menu recovery mode.Cara ini akan menghapus semua cache aplikasi yang ada di android sobat.Langkahnya adalah sebagai berikut.
   1. Power Off android sobat.
   2. Tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan ( kombinasi tombol berbeda beda setiap merk atau type android )
   3. Lepaskan tombol power ketika muncul logo
   4.Pilih Wipe Cache Partition tunggu sampai proses selesai
   5.Reboot android sobat.
  • Periksa Kartu Memori.

Jika sobat menggunakan memori external tidak ada salahnya periksa apakah memori sobat rusak atau tidak.Pastikan memori masih bagus dan dapat berfungsi dengan normal.Perhatikan juga posisi kartu memori, apakah sudah dalam posisi yang benar atau belum.
  • Scan Dengan Antivirus.

Masalah kamera gagal di android juga bisa disebabkan oleh adanya virus yang menyerang android sobat.Instal antivirus dan lakukan full scan agar virus yang ada di android sobat bisa dibasmi.
  • Factory Reset.

Dengan melakukan factory reset maka semua data dan aplikasi yang ada di android sobat akan kembali seperti baru.Sobat bisa melakukan factory reset melalui recovery mode ataupun melalui menu pengaturan.
  • Custom Rom.

Jika sobat memutuskan untuk menggunakan custom rom maka tampilan androis sobat akan berubah sesuai dengan custom rom yang sobat pakai.Kelebihan menggunakan custom rom adalah sobat bisa memodifikasi android sesuai keinginan.Selain itu biasanya sudah ditambahkan beberapa fitur tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja android sobat yang tidak ada pada rom standart.

Demikian beberapa cara memperbaiki kamera gagal di android yang bisa sbcom4u bagikan.
Jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat bagi sobat semua.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Kamera Gagal Di Android"

Post a Comment