Pengertian Modem Fungsi Modem Dan Type Modem

sbcom4u pengertian modem fungsi modem dan type modem - Zaman semakin maju dan tentunya semakin dilengkapi serta didukung dengan teknologi teknologi yang sangat canggih terutama teknologi jaringan internet.Di Indonesia sendiri jaringan internet sudah sangat luas bahkan sudah sampai dan merata ke pelosok pelosok Indonesia.



Jaringan internet kini semakin mudah diakses dan alat untuk menerima koneksi internet dinamakan modem.Tentunya modem ini adalah alat yang wajib dimiliki oleh semua orang jika ingin mendapatkan atau menikmati jaringan internet.

Dengan menggunakan modem sobat dapat dengan mudah mengakses atau menikmati jaringan internet dengan sangat mudah.Tapi apakah sobat tahu apa itu modem, apa saja fungsi dan type modem.Untuk lebih jelasnya simak sedikit penjelasan tentang modem di bawah ini.

Apa itu modem.

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator.Arti dari kedua kata ini adalah Modulator adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan.Sedangkan kata Demodulator adalah bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima.Bisa juga disebut alat komunikasi dua arah.

Macam macam modem.

  • Modem External.
Modem external merupakan sebuah alat yang digunakan pada komputer agar dapat mengakses jaringan internet.Data yang berasal dari sebuah komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah ke sinyal analog.Dan jika modem menerima data yang berupa sinyal analog akan diubah menjadi digital kemudian diproses oleh komputer.Sinyal analog ini dapat dikirim melalui telephone dan radio.
  • Modem Internal.
Apabila data sudah diterima oleh modem yang dituju, sinyal analog ini akan diubah kembali menjadi sinyal digital yang kemudian akan dikirimkan ke sebuah komputer.
  • Modem GSM.
Modem GSM merupakan modem yang memanfaatkan telephone selluler sebagai media untuk transfer data.
  • Modem Analog.
Modem analog adalah alat untuk merubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  • Modem ADSL.
ADSL adalah singkatan dari Asymetric Digital Subscribe Line dan merupakan sebuah alat untuk mengakses jaringan internet  dan menggunakan telephone secara bersamaan.Dalam penggunaannya harus dibantu dengan alat yang bernama Splitter yang berfungsi untuk menghilangkan gangguan sehingga antara jaringan internet dan telephone bisa digunakan secara bersamaan.
  • Modem Kabel.
Modem kabel merupakan modem yang digunakan untuk menerima data secara langsung dari penyedia layanan internet melalui TV kabel.
  • Modem Wireless.
Wireless merupakan sebuah teknologi untuk menghubungkan dua alat atau lebih agar dapat saling bertukar data tanpa menggunakan kabel.Cara kerjanya adalah data ditukarkan melalui gelombang tertentu dan frekuensi tertentu.
  • Modem CDMA.
Modem CDMA merupakan jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz ( CDMA 1x ),EVDO Rev-A setara dengan 3G, dan EVDO Rev-B.

Fungsi Modem.

Fungsi dari sebuah modem adalah sebagai hardware untuk mengubah komunikasi dua arah yaitu digital menjadi analog dan sebaliknya.Adapun fungsi dari sebuah modem yang lainnya adalah sebagai berikut.
  • Alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
  • Menghubungkan suatu perangkat ke jaringan internet.
  • Alat yang berfungsi untuk mengkompres data yang dikirimkan melalui sinyal.
  • Pemeriksaan paket data dan komunikasi.
Demikian pengertian modem fungsi modem dan type modem.Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Modem Fungsi Modem Dan Type Modem"

Post a Comment