Cara Menghubungkan Easycap Menggunakan Android

sbcom4u cara menghubungkan Easycap menggunakan hp android - Easycap adalah suatu alat yang digunakan untuk menghubungkan RCA/AV dari receiver parabola, DVD player, CCTV, game console dan lainnya ke port USB pada komputer atau laptop.Akan tetapi pada artikel kali ini sbcom4u akan membagikan sebuah tutorial sederhana bagaimana cara menghubungkan easycap menggunakan android untuk keperluan tracking satelit parabola yang tentunya tidak memiliki port USB.

Dengan menggunakan easycap proses instalasi atau tracking satelit parabola akan jauh lebih praktis dan simpel.Dimana sobat dapat memasangkan atau menghubungkan RCA ke receiver dan USB ke android.Tidak perlu lagi membawa pesawat televisi yang tentunya akan menjadi lebih ribet.

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah menghubungkan kabel RCA dari easycap ke receiver, pastikan warna sesuai jangan sampai terbalik.

  • Warna putih untuk audio L
  • Warna merah untuk audio R
  • Warna kuning untuk video.

Sebenarnya kalau hanya untuk kegiatan tracking cukup dengan menghubungkan warna kabel kuning saja sudah cukup, karena disini sobat hanya membutuhkan intensitas sinyal yang didapat saja.

Kemudian download dan instal aplikasi yang bernama USB Camera - Connect EasyCap or USB WebCam di android.Jika aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan android sobat maka sobat bisa mencari aplikasi lain dengan mengetikkan kata kunci Easycap di Playstore.

Setelah terinstal dangan sempurna selanjutnya buka aplikasi tersebut dan di layar android akan muncul tulisan Please Connect a USB Webcam, EasyCap or UVC video grabber device.


Hidupkan receiver kemudian hubungkan USB dari Easycap ke OTG kemudian ke android.Receiver >> RCA >> EasyCap >> OTG >> Android.

Kemudian akan muncul tulisan USB Device attached AV to USB 2.0.Akan muncul gambar atau video seperti ketika sobat menggunakan pesawat televisi.Agar gambar lebih besar aktifkan mode rotation pada android lalu miringkan.


Perlu sobat ketahui bahwa ada beberapa merk dan type android yang tidak bisa terhubung dengan easycap.Hal ini disebabkan karena chipset yang dipakai pada android tidak kompatibel dengan easycap.Ada juga beberapa merk atau type android yang hanya bisa mengeluarkan video atau gambar namun tidak dapat mengeluarkan suara.Di sini sbcom4u tidak akan memberikan secara rinci merk apa saja yang suport dengan easycap.Mungkin akan sbcom4u update pada artikel selanjutnya.

Demikian sedikit tutorial cara menghubungkan easycap menggunakan android untuk keperluan tracking satelit parabola.Jangan lupa share artikel ini agar bermanfaat untuk sobat semua.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

SALAM SBCOM4U





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghubungkan Easycap Menggunakan Android"

Post a Comment