Mengatasi Sinyal Hilang Saat Hujan Pada Parabola Mini Ku Band

sbcom4u mengatasi sinyal hilang saat hujan pada parabola mini ku band - Musim hujan telah tiba dan banyak sekali pemakai parabola mini ku band yang mengeluh karena sinyal parabola hilang ketika hujan turun.Ada beberapa tips untuk mengatasi atau meminimalisir gangguan tersebut yang akan sbcom4u bahas pada artikel ini.



Bagi para tracker mungkin hal ini bukan hal yang baru lagi, akan tetapi bagi para pengguna parabola mini ku band biasa atau awam tentu akan menjadi masalah yang samgat mengganggu.Banyak juga yang langsung memvonis bahwa perangkat parabola mini ku band yang dipakai mengalami kerusakan dan membeli perangkat yang baru.Tentu hal ini sangat merugikan bagi para user atau pemakainya karena gangguan ini bukan karena kerusakan perangkat mereka melainkan karena faktor cuaca.

Cuaca merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja suatu perangkat parabola.Baik itu ku band maupun c band akan mengalami penurunan sinyal ketika hujan turun.Akan tetapi c band lebih tahan cuaca jika dibandingkan dengan ku band yang bisa saja hilang sinyal ketika mendung maupun hujan.

Jika sobat seorang tracker atau teknisi parabola alangkah baiknya sebelum memasang parabola mini ku band di rumah user dijelaskan terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan masing masing perangkat yang akan digunakan.Hal ini bertujuan untuk meminimalisir komplain atau kerugian dari para pelanggan.

Parabola mini pada umunya atau kebanyakan menggunakan lnb ku band seperti untuk menangkap siaran Ninmedia di satelit Chinasat 11.

Tanpa panjang lebar lagi di bawah ini adalah beberapa tips mengatasi sinyal hilang saat hujan pada parabola mini ku band.
  • Gunakan dish yang berdiameter 45 cm keatas.Sobat bisa memakai dish yang berukuran 60 cm ataupun 80 cm yang tentunya akan memberikan efek kualitas dan kestabilan sinyal yang didapat.
  • Di saat mencari sinyal usahakan mendapatkan kualitas sinyal diatas 75%.Jadi ketika mendung atau turun hujan sinyal masih bisa ditangkap sehingga pelanggan masih bisa menikmati siaran televisi meskipun sinyal turun jika dibandingkan ketika cuaca sedang cerah.Jika sinyal yang didapat di bawah 75% maka pada saat turun hujan akan drop dan bahkan bisa sampai 0% yang tentunya siaran tidak dapat sobat saksikan atau putus putus.
  • Tutup lnb dengan menggunakan tutup yang dijual di pasaran.Bisa juga menggunakan barang bekas seperti botol air mineral agar lnb tidak basah atau kehujanan sehingga sinyal tidak drop atau bahkan sampai 0%.
Tips diatas hanya untuk mengatasi sinyal hilang saat hujan pada parabola mini ku band dan tidak berlaku untuk beberapa kondisi di bawah ini.
  • Indikator sinyal menunjukkan angka 0% yang berarti lnb mengalami kerusakan atau tidak terhubung ke receiver.Hal ini bisa juga disebabkan oleh kabel yang sudah putus atau rusak terkena panas dan hujan.
  • Pengaturan lnb pada receiver salah.
  • Dish baling atau lnb terhalang tembok, pohon dan lainnya.
Demikian sedikit tips cara mengatasi sinyal hilang saat hujan pada parabola mini ku band.
Share artikel ini agar lebih bermanfaat buat sobat semua.
Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan tinggalkan komentar di bawah.

SALAM SBCOM4U

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Sinyal Hilang Saat Hujan Pada Parabola Mini Ku Band"

Post a Comment